Email kami : admin@teknik.untan.ac.id

Detail Penelitian

CIRCULAR BUSINESS DESIGN FOR INDONESIAN CLOTHING INDUSTRY: AN EXPLORATORY MODEL

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model bisnis berbasis Circular
Economy (CE) atau circular business model pada industri pakaian di Indonesia. Industri
pakaian memiliki kontribusi yang signifikan terhadap dampak lingkungan. Berdasarkan
data, bahwa terdapat sangat banyak pakaian baru digunakan setiap tahun, yang
jumlahnya melampaui secara signifikan populasi manusia di dunia. Industri pakaian
juga telah menempati industri terbesar kedua di dunia; pemberi kerja terbesar kedua;
pencemar terbesar kedua di dunia setelah minyak dan gas. Diperlukan sebuah desain
sutainable business model, dimana model tersebut dapat mendukung peningkatan
perekonomian serta ramah terhadap lingkungan. Pada penelitian ini dianalisis
karakteristik industri pakaian di Indonesia dengan model Circular Economy (CE) yang
dapat meminimalkan konsumsi sumber daya yang terbatas. Penelitian dilakukan
dengan desk-based research dimana datanya dikumpulkan dari database publikasi yang
relevan dan sumber daya ilmiah lainnya, menggunakan berbagai macam kata kunci dan
frasa yang terkait dengan CE, industri pakaian, dan istilah relevan lainnya. Penelitian
ini berkontribusi pada identifikasi, analisis, dan pengembangan model bisnis CE untuk
industri pakaian di Indonesia. Perkembangan tersebut berpotensi mempengaruhi cara
rantai pasokan dan sistem logistik mengingat kebutuhan perancangan circular
kedepannya. Model ini sendiri divisualisasikan dalam bentuk class diagram, yang
menggambarkan objek-objek yang terlibat dalam sebuah sistem dan bagaimana objek
tersebut berinteraksi satu dengan lainnya.


Kata kunci: Circular Economy, Industri Pakaian, Sustainable Business Model,
Circular Business Model

Bagikan ke :