Email kami : admin@teknik.untan.ac.id

Detail Berita

Kuliah Kerja Lapang Mahasiswa Program Studi Magister Teknik Elektro UNTAN

Program Studi Magister Teknik Elektro Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro Universitas Tanjungpura (UNTAN) melangsungkan kegiatan Kuliah Kerja Lapang (KKL) pada 13-16 September 2017. Kegiatan ini dilaksanakan di BATAM Indonesia. Adapun sasaran tempat kuliah kerja lapangan ini meliputi : PT. TEC Indonesia, PLTD BATAM, dan PLTG BATAM.

Ketua panitia KKL Dr. Purwoharjono, ST, MT menuturkan bahwa KKL ini merupakan bagian dari pembelajaran yang dilaksanakan diluar kampus. Saya harap dengan adanya KKL ini mahasiswa jadi tahu permasalahan industri di lapangan. Selain itu, mereka dapat melihat langsung permasalahan-permasalahan dan perkembangan industri dan memikirkan apa yang akan dikerjakannya setelah KKL ini” tutupnya.

Tujuan kegiatan KKL di BATAM ini diantaranya untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan mahasiswa Magister Teknik Elektro baik akademik dan non akademik, mengembangkan dan mengarahkan minat mahasiswa Magister Teknik Elektro untuk mengkaji masalah dibidang Teknik, serta sebagai sarana bagi dosen dan mahasiswa untuk melaksanakan ketiga aspek dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Selama KKL, para mahasiswa Magister dididik secara sistematis dengan berbagai metode penelitian. Selain itu, pelatihan skill juga dilakukan agar peserta didik tidak hanya memahami secara teori saja, tapi juga mampu menganaslisis permasalahan-permasalahan yang terjadi saat ini. Diharapkan selepas kegiatan ini, Program Studi Magister Teknik Elektro Untan dapat melahirkan calon-calon professional muda yang bertanggung jawab dan siap bersaing dalam dunia kerja yang semakin kompetitif.

Adapun bentuk kegiatan yang dilakukan yaitu survei langsung pada industry-industri tujuan KKL, diskusi dengan industri setempat, kunjungan ilmiah ke Pabrik dan Wisata Ilmiah ke Singapura.

Kegiatan ini dibimbing oleh : Dr. Redi Ratiandi Yacoub, ST, MT, Dr. Bomo W. Sanjaya, ST, MT, Ir. Bonar Sirait, M.Sc, Ir. Yohannes M. S, MT, Ir. Kho Hie Khwee, MT., Hilda, ST, MT., Neilcy T. M, ST, MT, Drs. Ade Elbani, MT, Managam Rajagukguk, ST, MT., dan F. Trias Pontia, ST, MT.

Bagikan ke :